Jumat, 20 Januari 2017

Enaknya pakai Pass apa ya?

Itu salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru mau jalan-jalan ke Jepang. Satunya lagi adalah soal baca peta rute kereta Jepang (terutama Tokyo) yang mirip benang kusut. Tapi sekarang kita akan membahas berbagai pass yang dikhususkan bagi turis yang berkunjung ke Jepang.

Secara umum, perusahaan kereta milik pemerintah Jepang (yang kemudian diprivatisasi) yang menguasai jalur kereta di seluruh wilayah Jepang, yang bernaung di bawah perusahaan JR (Japan Railways) Group. JR Group itu sendiri terbagi atas 6 perusahaan yaitu: JR Kyushu, JR Shikoku, JR West, JR Central, JR East, dan JR Hokkaido. Masing-masing perusahaan memiliki pass untuk turis di wilayahnya, namun ada satu pass sakti yang berlaku di seluruh wilayah Jepang, yang dinamakan JR Pass.


Seperti yang saya tulis di atas, JR Pass berlaku di seluruh Jepang, tapi HANYA untuk kereta yang tergabung dalam JR Group. Kita bisa mengenali kereta tersebut termasuk dalam JR Group atau tidak dari nama jalur keretanya (biasanya ada tulisan JR di depan nama jalurnya). Contoh: JR Yamanote Line (Tokyo), JR , JR Yumesaki Line (Osaka). Walaupun ada juga kereta JR yang tidak mencantumkan JR di depan nama jalurnya, seperti Osaka Loop Line (Osaka), Hokkaido Line (Sapporo), Keihin-Tohoku Line (Tokyo). Karena ada banyak sekali yang termasuk dalam JR Group, untuk pemula mungkin lebih mudah mengingat nama-nama jalur yang TIDAK TERMASUK dalam JR Group, yaitu kereta bawah tanah alias subway. Berikut logo subway di Tokyo, Osaka, dan Sapporo.

Di Tokyo ada 2 perusahaan kereta subway: Tokyo Metro Line (logo biru) dan Toei Line (logo hijau)

Salah satu logo jalur kereta subway di Osaka (Midosuji Line). Jalur-jalur lainnya memiliki logo yang sama, hanya berbeda warna dasarnya.


Logo kereta subway di Sapporo


Subway juga memiliki pass tersendiri. Di Tokyo ada yang namanya Tokyo Subway Pass


Di Osaka ada Eco Card


Sementara di Sapporo ada One Day Ticket Subway 

One-Day Ticket for Subway Use
This is a money-saving pass that allows unlimited rides on subway trains for the whole day.
Adults: 830 yen; children: 420 yen

Donichika Ticket (One-day Subway Pass for Weekends and Holidays)
This is a one-day pass that can be used for the subway on Saturdays, Sundays, national holidays and year-end/New Year holidays (Dec. 29 – Jan. 3).
Adults: 520 yen; children: 260 yen


Nah, JR Pass TIDAK berlaku untuk kereta yang memiliki logo di atas. JR Pass hanya berlaku untuk kereta dengan logo berikut:


Jika JR Pass dapat digunakan untuk seluruh kereta yang termasuk dalam JR Group, JR Pass regional hanya bisa digunakan di wilayah tertentu. 

Contoh: 
JR Hokkaido Pass-->hanya berlaku di pulau Hokkaido
JR Kansai Area Pass-->hanya berlaku di wilayah Kansai (Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, Himeji, Wakayama, Shiga, Tsuruga, dan Iga-Ueno)
JR Tokyo Wide Pass-->hanya berlaku untuk jalur-jalur kereta berikut:
*JR East Lines
*Tokyo Monorail
*Izu Kyuko Line
*Fujikyu Railway
*Joshin Dentetsu Line
*Saitama New Urban Transit Line (New Shuttle) – between Omiya and the Railway Museum
*The entire Tokyo Waterfront Area Rapid Transit Rinkai Line
*The following limited express trains that directly run between the JR East lines and Tobu Railway lines: the Nikko, the SPACIA Nikko, the Kinugawa, and the SPACIA Kinugawa. Also, the local trains (including rapid trains) between Shimo-imaichi and Tobu-nikko/Kinugawa-onsen Stations.


Jadi misalnya kita hanya ingin berkeliling wilayah Kansai, kita bisa menggunakan JR Kansai Area Pass. Tapi pass itu tidak berlaku untuk kereta shinkansen ke Tokyo (misalnya). Jika ingin pergi ke Tokyo dari Osaka/Kyoto secara langsung, kita harus menggunakan JR Pass.

Berikut macam-macam pass regional yang tersedia untuk turis asing.


JR Kyushu Rail Pass




JR All Shikoku Rail Pass




JR West Rail Pass






JR Central Rail Pass






JR East Rail Pass





JR Hokkaido Rail Pass





Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang hendak berkunjung ke Jepang untuk pertama kali. Sampai jumpa di postingan berikut!


2 komentar:

  1. siang mba,
    kalau saya mau pergi ke nagasaki, fukuoka, fuji, shirakawa, osaka, kyoto sebaiknya saya cukup pakai JR pass saja atau ada tambahan kartu lainnya?
    apakah perlu kartu semacam suica pasmo itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek dulu apakah JR Pass mengcover semua kereta menuju tempat-tempat yang mau mbak datangi. Setahu saya sih untuk ke Shirakawago hanya bisa dicapai dengan bus dari Takayama atau Kanazawa. Busnya harus reserve dulu dan tidak dicover oleh JRP. Demikian pula untuk ke Gunung Fuji, JRP hanya mengcover sebagian perjalanan. Untuk perjalanan setelah stasiun Otsuki kita harus bayar lagi, kecuali kita pakai Tokyo Wide Pass.

      Suica atau Pasmo itu bukan pass, melainkan kartu prabayar untuk transportasi di Jepang (bisa untuk bus kota dan kereta). Kalau di sini seperti BCA Flazz atau Mandiri E-Money. Jadi kalau memang ternyata butuh beli tiket eceran, terserah mbak mau bikin Suica/Pasmo atau bayar tunai ^^

      Hapus